Selasa, 25 Juli 2017

Ikan Koi Utsurimono

Ikan Koi UtsurimonoIkan Koi utsurimono

Yang termasuk ke dalam ikan koi Utsurimono dikenal sebagai Shiro-Utsuri, Ki-Utsuri, dan Hi-Utsuri. Masing masing jenis ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
Shiro-Utsuri adalah koi yang memiliki warna tubuh putih dan berbentuk kerucut pada badannya yang gelap. Pada lipatan sirip dadanya terdapat warna hitam. Shiro-Utsuri kadang disebut juga sebagai Shiro- Utsushi. Kazuo Minemura dari Mushigame di perkampungan Yamakoshi yang pertama kalinya menghasilkan ikan koi jenis Shiro-Utsuri ini . Warna putih pada koi Shiro-Utsuri mesti seperti salju, sedangkan warna hitamnya sebagai pendukung warna utama yaitu putih seperti halnya pada Showa-Sanke (Showa-Sanshoku).
Ki-Utsuri dikenal sebagai koi yang memiliki bentuk kerucut berwarna kuning pada badannya yang gelap. Ki- Utsuri muncul semenjak pada awal sejarah ikan koi. Semenjak awal jaman Meiji, ki-Utsuri telah ditemukan, Cuma saja pada waktu itu namanya Kuro-Ki-Han (bertanda hitam dari kuning). Barulah pada tahun 1920 Eizaburo Hoshino memberinya nama dengan Ki-Utsuri. Warna hitamnya harus hitam pekat dan bentuk kerucutnya berwarna kuning dan pangkal sirip dadanya harus bergaris-garis.
Hi-Utsuri merupakan koi yang warna kuningnya menyerupai warna merah. Warna hitamnya sangat kon tras dengan warna merah. Karena warnanya mampu menyaingi warna Kohaku, koi ini umumnya sangat banyak memikat banyak orang yang melihatnya. Tubuh Hi-Utsuri yang bagus tak boleh berbecak-bercak. Pada sirip dadanya terdapat garis-garis. Jenis-nya merupakan Utsuri-Doitsu yakni Utsurimono yang adalah keluarga koi Jerman, Kage-Utsuri, Ginshiro, dan Ogon-Utsuri.
Sumber : www.semuaikan.com
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar