Minggu, 30 Juli 2017

Umpan Ikan Gurame

 Salah satu jenis ikan konsumsi air tawar yang satu ini juga cukup ganas dan tak jarang sering memutuskan tali senar layaknya ikan bawal dan ikan lele. Spesies yang bernama latin (ilmiah) Osphronemus goramy ini memang tergolong predator di dalam air. Selain memakan tanaman, ia juga tak jarang mengkonsumsi berbagai serangga kecil waktu di air. Meskipun demikian jenis ikan air tawar yang satu ini juga sangat doyan memakan pelet ikan. Untuk itu, kebanyakan penghobi yang memancing jenis ikan yang satu ini kebanyakan menggunakan umpan pelet. Entah itu pada saat di kolam lomba galatama, sungai, bendungan, tampak, laut lepas dan sebagainya. Terlebih lagi jika umpan gurame berupa pelet tersebut sudah diracik sedemikian rupa lengkap dengan ramuan essen dengan rasa tertentu, maka gurame juga tidak akan segan menyambar kail pancing yang baru dilempar.

Jika bicara umpan gurame, sebenarnya tergantung kreatifitas dan kebiasaan setiap pemancing. Dimana resep racikan umpan untuk gurame di berbagai daerah di Indonesia sudah berbeda-beda. Dalam beberapa kasus, umpan yang digunakan sebagain banyak penghobi bahkan cenderung aneh-aneh. Selain menggunakan daun talas, lumut, laron, belalang, kroto, kecoa, jangkrik, pelet dan cacing, juga cukup banyak yang menggunakan umpan buah pisang goreng. Oleh sebab itu, semua tergantung kepercayaan  dan kebiasaan. Mungkin akan lebih baik mengerti tentang segi tingkah laku ikan gurame itu sendiri. Dimana ikan gurame merupakan jenis ikan yang peka terhadap getaran dan suara berisik. Oleh sebab itu ketika memancing dengan jenis umpan apapun sebaiknya jangan berisik. Akan lebih baik memancing pada saat jam-jam istirahatnya. Menurut pengalaman pribadi dan penghobi lain, rata-rata ikan gurame aktif pada senja dan malam hari untuk mencari makan.
umpan gurame
© umpan gurame (nas.er.usgs.gov @Leonard L. Lovshin)
Habitat ikan gurame di alam liar mungkin bisa dibilang cukup mirip dengan ikan lele dan ikan gabus. Oleh sebab itu, untuk masalah racikan umpan gurame pastinya juga tidak jauh berbeda dengan ikan lele maupun gabus. Dimana ia sangat menyukai perairan yang sedikit keruh seperti sungai dan rawa-rawa yang teduh. Kebiasaan hidupnya juga terbilang cukup unik. Ia termasuk jenis ikan teritorial yang selalu menjaga wilayah kekuasaanya. Jika ada jenis lain yang mengusik, ia juga tidak akan segan-segan melukainya. Ikan gurame mempunyai ciri khusus, yakni terdapat 2 buah sirip meyerupai cambuk pada bagian duburnya.  Tubuhnya pipih yang mempunyai berbagai tekstur sirip yang panjangnya bisa sampai 1000mm dari punggung hingga ekornya. Sirip dipunggungnya cukup keras, dan cukup berbahaya ketika berontak saat diangkat kepermukaan. Sementara sirip di bagian dubur dan perutnya lebih lunak dan tidak berbahaya.

Meskipun terkesan demikian, mungkin tidak ada salahnya juga membuat pakan racikan atau umpan gurame supaya gurame mau memakan umpan yang terkait di kail pancing. Terlebih lagi jika ikan gurame yang terdapat di kolam pemancingan atau perlombaan yang mana kondisinya rata-rata sudah kenyang, sehingga lebih sulit menggodannya dengan pakan binatang atau tumbuhan yang biasa-biasa saja. Oleh sebab itu diperlukan racikan pakan umpan khusus untuk bisa lebih menggodanya. Beberapa resep makanan yang sudah tersedia di bawah merupakan resep biasanya cukup diandalkan para jawara memancing di hampir seluruh daerah di Indonesia. Hanya saja semua membutuhkan biaya cukup lumayan dan waktu pembuatannya juga terbilang tidak instan. Meskipun demikian rasanya semua sangat sepadan, karena umpan gurame racikan di bawah sudah lebih dari cukup untuk bisa Strike dan mengangkat ikan gurame dumbo (besar). Berikut beberapa resep umpan ikan gurame terjitu dan terampuh yang bisa dicoba.

Umpan Gurami Terbaik dan Terbaru 2017

  • Persiapkan pelet ikan sedikitnya sebanyak setengah gelas, setelah itu campurkan kuning telur (sudah direbus) sebanyak satu butir dan madu sebanyak 2 sendok teh makan. Campurkan semua adonan menjadi satu dengan tambahan air hangat secukupnya. Kepal-kepal jenis racikan umpan gurame yang satu ini hingga berbentuk menyerupai bola dengan ukuran sedang sesuai dengan ukuran mulut ikan gurame.
  • umpan gurame terampuh selanjutnya juga tidak terlalu sulit diolah. Pertama-tama siapkan ubi jalar berukuran sedang dan kuning telur 2 butir dalam keadaan sudah direbus. Aduk dulu sampai merata, lalu berikan pelet ikan koi 1/4 gelas dan madu sebanyak dua sendok teh makan.Tambahkan air hangat secukupnya dan aduk hingga merata adonan menjadi satu. Sebaiknya teksturnya jangan terlalu keras ataupun lembek supaya tidak mudah hancur ketika di lempar ke dalam air. Bentuk menyerupai bola-bola, jika teksturnya sudah agak keras, maka jenis umpan ikan gurame yang satu ini sudah bisa digunakan.

Terlepas dari itu semua ikan gurami termasuk ikan konsumsi yang juga cukup diandalkan oleh masyarkat di Indonesia. Mengingat cita rasa ikan gurame sendiri yang memang lezat, harga ikan gurame per biji maupun per kilonya terbilang lebih mahal daripada jenis ikan konsumsi kebanyakan. mengingat pangsa pasarnya lebih menjanjikan, maka tak heran mengapa para pembudidaya ikan gurame sendiri terhitung cukup banyak. Disamping para peternak, para penghobi mancing ikan gurame juga terbilang tidak sedikit. Meskipun memancing ikan gurame sendiri kerap dianggap lebih sulit daripada jenis ikan tawar seperti lele, nila, mujair, tombro dan sebagainya, namun setiap penghobi nampaknya tidak kapok-kapok merancang pancingan dan membuat resep terbaik umpan gurame demi bisa menaklukkan ikan lezat tersebut.
Sumber : www.umpanikan.xyz
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar